Puisi Mbeling SMP Negeri 3 Paca

Gambar oleh andreas160578 dari Pixabay 

Sejarah Puisi Mbeling

     Pada mulanya, Puisi Mbeling merupakan nama sebuah kolom pada majalah Aktuil asuhan Remy Sylado yang berlaku pada tahun 1972-1973. Dibukanya kolom tersebut karena ketidakseimbangan antara kreativitas anak muda dalam menciptakan puisi dengan jumlah majalah sastra yang tersedia. Pada tahun itu, cuma tersedia tiga majalah sastra yang tentu saja sangat memiliki keterbatasan dalam menampung karya-karya sastra anak muda. Di lain sisi, banyak karya-karya puisi anak muda yang tidak masuk karena bertabrakan dengan bermacam aturan dan harus bersaing dengan karya-karya penyair yang sudah memiliki nama besar.

 

    Oleh sebab itu, maka dibuatlah sebuah kolom yang dinamai “Puisi Mbeling” pada majalah Aktuil yang kelak berkembang menjadi puisi mbeling yang kita kenal tanpa aturan ini.

 

    Puisi mbeling merupakan salah satu jenis puisi kontemporer. Kata mbeling berasal dari bahasa Jawa yang berarti nakal, susah diatur, memberontak. Sesuai dengan namanya, puisi mbeling adalah bentuk puisi yang tidak mengikuti aturan-aturan pada penulisan puisi pada umumnya.

 

   Dasar puisi mbeling adalah main-main, maka kata-kata tak perlu dipilih-pilih lagi. Maka kebanyakan puisi mbeling menggunakan kata-kata sindiran, olok-olok, ejekan, bahkan kritikan terhadap puisi yang kaku itu sendiri.Puisi mbeling memiliki ciri-ciri mengutamakan unsur kelakar. Pengarang memanfaatkan semua unsur puisi berupa bunyi, rima, irama, pilihan kata, dan tipografi untuk mencapai efek kelakar tanpa ada maksud yang disembunyikan (tersirat).

(https://gasbanter.com/contoh-puisi-mbeling/) Akses, 23 September 2022.

 

Puisi Mbeling
 
Anjing, janganlah mati
Jika kau mati
Siapakah yang tangkap tikus di rumah kami?
 
Kristian Oliver Putra: IX B
 
Alaram Pagiku
Ayam, kaulah alaram pagiku
Karenamu, aku bangun tepat waktu
Hanya dengan satu lagu wajibmu
 
Ayam, janganlah kau mati
Jikalau kau mati, siapakah alaram pagiku?
 
Y.B. Madun: IX E

 

Guru Pengampu : Marianus Hamse, S.Pd

REDAKSI||| Stano