6 Kegiatan Ekskul Yang Ada Di SMP Negeri 3 Pacar

Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay 

INFOSMPN3PACAR.COM-Setiap Lembaga Pendidikan memiliki kewajiban utuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul). Kegitan ini sebagai kegiatan non formal, yang kegiatannya itu di luar jam pembelajaran atau diluar kelas. Dengan demikian esktrakurikuler sebagai wadah yang tepat bagi peserta didik untuk melihat serta mendalami bakat dan kemampuan yang ada dalam diri mereka agar bisa dikembangkan.

Subagiyo (2003: 23) mendefenisikan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran (tatap muka) baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah untuk lebih memperkaya serta memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki siswa dari berbagai bidang.(https://kumpulanpengertian.com/2016/02/pengertian-ekstrakurikuler-menurut-para.html).

Berdasarkan pengertian diatas, kegiatan ekskul memang sangat penting untuk diterapkan dilingkungan sekolah. Salah satu Lembaga Pendidikan yang melaksanakan kegiatan ekskul tersebut adalah SMP Negeri 3 Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di SMPN 3 Pacar, ada berbagai kegiatan ekskul yang telah dijalankan selama ini, yang tujuannya untuk mengembangkan bakat, kemampuan dan wawasan peserta didik, agar mampu menghadapi berbagai tantangan kedepan.

Berikut ini beberapa kegiatan ekskul yang ada di SMPN 3 Pacar yang sudah berjalan selama ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    LITERASI

Literasi menjadi bagian terpenting dalam dunia Pendidikan, terutama di Lembaga SMPN 3 Pacar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta agar peserta didik memiliki kemampuan menulis yang dapat menunjang dunia kerja kedepan, terutama dalam dunia jurnalistik.

2.    OLAHRAGA

Eksul olahraga menjadi salah satu yang paling banyak diminati peserta didik di SMPN 3 Pacar. Ekskul yang satu ini, sebagai salah satu sarana bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dalam dunia olahraga baik dalam permainan bola kaki, bola voli bad minton dan jenis olahraga yang lainnya agar dapat dikembangkan lagi.

3.    DRAMA

Drama menjadi salah satu ekskul yang ada di SMPN 3 Pacar. Di era modern sekarang dunia entertain menjadi salah satu dunia kerja yang paling menjanjikan. Oleh karena itu SMPN 3 Pacar telah menyiapkan ekskul drama bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya terutama dalam berakting. Disisi lain ekskul drama di SMPN 3 Pacar ini, telah beberapa kali memementaskan Drama dan mendapatkan pujian yang sangat luar biasa dari masyarakat seperti “Monolog Orang Gila” yang dipenteskan beberapa bulan yang lalu.

4.    SENI MUSIK

Di SMPN 3 Pacar, seni musik terbagi dalam dua jenis yaitu seni music tradisional dan seni music modern. Seni music tardisional meliputi bermain Gendang dan Sruling sedangkan seni music modernnya meliputi  quitar dan keyboard. Eksul ini dilaksanakan guna untuk mengembangkan bakat peserta didik didunia music.

5.    SENI TARI

Selain seni music, di SMPN 3 Pacar juga memiliki ekskul seni tari, yang didalamnya terdapat banyak tipe seperti tari tradisional yang meliputi tari Rangkuk Alu yang merupakan salah satu tarian asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Selain seni tari tradisional, ada juga seni tari modern seperti Dance.

6.    KEROHANIAN

Ekskul kerohanian menjadi salah satu bagian terpenting yang ada di SMPN 3 Pacar. Hal tersebut sebagai wujut Untuk menumbuhkan kesadaran dan membentuk moral peserta didik untuk dapat mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, serta untuk mendorong pembentukan tingkah laku peserta didik agar menjadi lebih baik.

Itulah beberapa jenis ekskul yang ada di SMP Negeri 3 Pacar, semoga memberi manfaat bagi pembaca.

 

 WRITER: STANISLAUS BANDUT,S.Pd|||RED