Diterpa Hoax Penculikan Anak, Ambil Hikmahnya Saja

Oleh: Stanislaus Bandut, S.Pd

Gambar oleh NoName_13 dari Pixabay

INFOSMPN3PACAR.COM- Hoax merupakan salah satu isu yang sering muncul keberanda publik. Hoax atau berita bohong sering menjadi momok mematikan atau bisa juga menghancurkan di masyarakat karena bisa saja menimbulkan keresahan publik.

Menurut Wikipedia, Berita bohong atau hoaks  dalam bahasa inggris disebut hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan. Dalam kebingungan, masyarakat akan mengambil keputusan yang lemah, tidak meyakinkan, dan bahkan salah.

Ditinjau dari segi defenisi, hoax memang mengarah kepada sesuatu yang bersifat provokatif.

Dalam beberapa hari ini, isu penculikan anak menjadi salah satu trending topik di media sosial. Salah satunya adalah isu kasus penculikan anak dibeberapa daerah di Indonesia, seperti yang terjadi di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Namun demikian, seperi yang dilangsir dari media  (tvonenews.com), ternyata isu kasus penculikan anak di Manggarai, Nusa Tenggara Timur hanyalah berita bohong alias hoax belaka.

Akibat dari isu kasus penculikan anak tersebut, tentu berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat terlebih kusus bagi orang tua dan anak yaitu adanya beban psikologis.

Namun disisi lain, kita dapat mengambil hikmah dari isu kasus penculikan anak yang sudah terlanjur dikonsumsi masyarakat luas yaitu antara lain:

Pertama, Agar orang tua lebih memperhatikan aktivitas anak.

Dengan banyaknya pekerjaan, kadang-kadang orang tua kurang memperhatikan aktivitas anak diluar rumah karena terlalu berfokus pada pekerjaan. Dengan demikian, dibalik benar atau bohongnya berita penculikan anak, ini dapat menuntun orang tua agar lebih memperhatikan berbagai aktivitas anak dan juga dapat memberikan perhatian lebih untuk perkembangan  anak.

Kedua, dapat memberikan kewaspadaan bagi orang tua.

Tindakan kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tentu ini menjadi pertimbangan bagi orang tua, agar selalu  meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai tindakan kejahatan yang mengancam keselamatan anak.

Ketiga, menuntun masyarakat agar lebih cerdas.

Dengan banyaknya berita hoax yang muncul ditengah masyarakat , diharapkan dapat memberikan pengertian untuk masyarakat agar mampu memahami, mana berita yang benar-benar betul dan mana berita yang semata-mata hanya untuk kepentingan tertentu saja.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang cerdas, tentu kita harus berhati-hati dengan berbagai keadaan yang ada dan juga jangan mudah terperangkap dengan berbagai isu sebelum kita meninjau kebenarannya.


Rujukan

  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berita_bohong
  • https://www.tvonenews.com/daerah/regional/98004-isu-penculikan-anak-sekolah-di-manggarai-ntt-viral-polisi-lakukan-penyelidikan


Red|| Stanislaus Bandut, S.Pd