Genjot Kualitas Pendidikan, Pengawas SMP Gugus Kecamatan Pacar Gelar Sosialisasi IKM

foto kegiatan sosialisasi IKM oleh Marianus Hamse, Senin, 13/02/2023

INFOSMPN3PACAR.COM- Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMP), Pengawas SMP Manggarai Barat gugus Kecamatan Pacar Bapak Donatus Jahan, S.Pd menggelar sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dilaksanakan di SMPN 1 Pacar pada Senin (13/02/2023) dari pukul 08.00 WITENG-selesai. 

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu kepala sekolah, kaur kurikulum dan satu guru yang diutus dari SMP yang ada di Kecamatan Pacar dan ada juga dari SMP dari kecamatan Macang Pacar.

BACA JUGA: Keren, Guru Fisika di SMPN 3 Pacar Sebut Materi Bukan Hanya Sebatas Teori Tetapi Juga Butuh Praktek

Adapun Sekolah yang berpartisipasi di antaranya, SMPN 1 Pacar, SMPN 2 Pacar, SMPN 3 Pacar, SMP 5 Pacar, SMP 6 Pacar, dan satu dari Kecamatan Macang Pacar, yaitu SMPN 2 Macang Pacar. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan pemahaman guru terkait IKM, yang segera diaplikasikan di sekolah, Juli 2023. Kegiatan ini berjalan antusias. Peserta yang hadir disuguhkan materi tentang IKM, dilanjutkan latihan analisis Capaian Pembelajaran. 

Disela-sela kegiatan tersebut, Pengawas SMP Manggarai Barat gugus Kecamatan Pacar Bapak Donatus Jahan, S.Pd menyampaikan harapannya agar guru tetap belajar mandiri terkait IKM. 

"Jangan mengharapkan sosialisasi dari pemerintah. Belajar mandiri dengan mengakses PMM (Platform Merdeka Mengajar) " tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, pengawas sempat juga menyinggung soal partisipasi guru-guru untuk mengikuti program calon guru penggerak (CGP).

"Animo mabar terlalu minim, IKM itu semakin dimengerti jika ikut CGP. Jangan menyerah kalau tidak lulus" tutupnya.


Writter ||| Marianus Hamse, S.Pd, Gr
Redaksi||| Stanislaus Bandut, S.Pd