Keren, Guru Fisika di SMPN 3 Pacar Sebut Materi Bukan Hanya Sebatas Teori Tetapi Juga Butuh Praktek

Foto: kegiatan Praktek kelas IX C, membuat magnet menggunakan batrei, Senin (13/11/2023)

INFOSMPN3PACAR.COM- Guru yang profesional adalah guru yang mampu menyimbangkan antara teori dan praktek. Begitulah yang dilakukan oleh salah satu Guru Fisika di SMP Negeri 3 Pacar yaitu Trivonia V.Ima, S.Pd atau yang akrap disapa Ibu Ivo.

Baca Juga: Go'et Manggarai Dan Maknanya

Ivo mengatakan bahwa praktek menjadi salah satu dasar untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran fisika yaitu sifat-sifat kemaknetan.

 "untuk memperdalam pemahaman anak-anak tentang sifat-sifat  kemagnetan, saya lakukan praktek nyata, sebab materi bukan hanya sebatas teori saja tetapi juga butuh praktek dan saya berpikir bahwa kalau hanya sebatas teori saja, nanti pemahaman anak-anak tentang magnet tidak akan berkembang" ungkap Ivo kepada INFOSMPN3PACAR.COM, Senin, (13/11/2023).

Foto: kegiatan Praktek kelas IX A, membuat magnet menggunakan batrei, Senin (13/11/2023)

Lebih lanjut, Jelas Ivo bahwa dengan memberi praktek, harapannya peserta didik mampu memahami inti dari pada materi yang dipelajari.

"Harapan saya bahwa, dengan  melakukan praktek seperti ini, siswa mampu menerapkannya dengan baik" kata Ivo

Sementara itu, Ivo menjelaskan bahwa adapun alat dan bahan yang digunakan untuk membuat magnet menggunakan batrei yaitu Paku, besi baja dan batrei.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan paku baja, kawat tembaga, dua buah batrei, dan beberapa paku kecil.
  2. Buat lilitan kawat sebanyak 20 lilitan pada paku baja. 
  3. hubungan kedua ujung kawat tembaga pada sebuah batrei, kemudian dekatkan paku baja yang telah dililit kumparan berarus listrik pada kumpulan paku kecil. 
  4. Catat interaksi yang terjadi antara maknet buatanmu terhadap paku-paku kecil tersebut.


Redaksi|| Stanislaus Bandut, S.Pd