OPINI: Empat Kecerdasan Yang Harus di Miliki Peserta Didik || Safarudin Jemadil

Foto: Safarudin Jemadil, S.Pd, Gr 

INFOSMPN3PACAR.COM- Esensi  dari tujuan pendidikan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana yang diamanatkan dalam  pembukaan UUD 1945 alinia ke IV, “Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa". Ini adalah tanggung jawab lembaga pendidikan khususnya Guru sebagai Subjek penerapan regulasi.

Materi inilah yang saya angkat ketika dipercaya sebagai Pembina upacara dalam momentum apel  hari ini tanggal 31 Juli 2023 di SMP Negeri 3 pacar. 

Ada beberapa poin yang saya tekankan pada momentum ini bahwa dalam setiap peserta didik yang nantinya menjadi manusia paripurna harus memiliki  sekurang-kurangnya empat kecerdasan dalam dirinya. 

Pertama, Kecerdasan intelektual (IQ) bagaimana siswa mampu belajar dari pengalaman, kemampuan berfikir menggunakan proses-proses metakognitif, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar atau sering kita sebut kemampuan akademik. 

Kedua, kecerdasan spiritual (SQ) yaitu kemampuan seseorang dalam mengembangkan akal budi, mampu mengolah pikiran, memahami hal yang baik, sehingga berkat ketajaman pikiranya dia bisa mengenal dirinya, asal usul dan penciptanya. Kecerdasan spiritual ini dapat diaplikasikan  dalam ritualitas keagamaan. 

Ketiga, kecerdasan social (Social Quotient) bagaimana peserta didik memiliki kemampuan berkolaborasi, berhubungan, dan berbaur dengan orang lain karena  manusia biasa disebut makhluk social. 

Keempat, kecerdasan emosional, peserta didik harus memiliki kemampuan untuk menerima,menilai, mengolah serta mengontrol dirinya dan orang lain disekitarnya. Seseorang dengan memiliki emotional intelligence  mampu mengontrol emosi diri, merasa simpatik dan empatik pada orang lain.

Keempat kecerdasan inilah yang diaktualisasikan dalam P5 (Projek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila) yang di implementasikan dalam kurikulum merdeka. Tujuanya, menjadikan dan menghasilkan siswa profil Pancasila artinya dalam diri siswa terpatri dan  menjiwai nilai-nilai pancasila dalam kehidupanya sehari-hari. 

Nilai- nilai pancasila yang dimaksud dan korelasinya dengan keempat kecerdasan diatas adalah : Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia (kecerdasan Spiritual), Berkebhinekaan Global, Gotong Royong (kecerdasan social-emosional), Mandiri, Kreatif, Dan Bernalar Kritis (kecerdasan intelektual). 

Kenyataanya selama ini kebanyakan sekolah hanya berfokus pada satu kecerdasan saja yaitu kecerdasan intelektual (IQ), pada hal masih ada tiga kecerdasan lain yang seharusnya di perhatikan atau di apresiasi.




Writer|| Safarudin Jemadil, S.Pd, Gr
Redaksi|| Stanislaus Bandut, S.Pd