Ratusan Peserta Didik SMP Negeri 3 Pacar Kembangkan P5 melalui Projek Anyaman Nyiru



Foto pelaksanaan P5, oleh Stano

INFOSMPN3PACAR.COM- Ratusan peserta didik kelas 7 di SMP Negeri 3 Pacar dengan semangat tinggi melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yang cukup unik, Selasa 10 Oktober 2023.

Kegiatan P5 tahun ini mengusung tema pembuatan Anyaman Nyiru sebagai salah satu cara untuk menghargai nilai-nilai  budaya lokal  masyarakat Manggarai.

Anyaman Nyiru, sebuah karya seni tradisional Masyarakat Manggarai, dipilih sebagai fokus proyek ini karena memiliki makna mendalam terkait gotong-royong, kreativitas, dan keberagaman.

Dari pantauan INFOSMPN3PACAR.COM terlihat Proses pembuatan Anyaman Nyiru melibatkan guru dan instruktur seni lokal yang berpengalaman. Mereka membimbing siswa-siswa dalam memahami teknik-teknik tradisional dan melibatkan mereka dalam pembuatan anyaman yang indah.

Proyek ini bukan hanya tentang hasil akhir, tetapi juga tentang proses belajar siswa dalam merajut tali-tali kreativitas mereka bersama-sama.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Pacar, Bapak Kornelius Irwandi Jehadu,S.Pd mengungkapkan pentingnya proyek ini dalam meningkatkan pemahaman dan penghayatan siswa akan pentingnya gotong royong sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Anyaman Nyiru adalah simbol kekayaan budaya Masyarakat Manggarai yang perlu kita kembangkan. Melalui proyek ini, kami ingin siswa-siswa kami merasakan makna gotong-royong, keindahan dalam keberagaman, dan nilai-nilai Pancasila yang mendasar." ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepsek SMPN 3 Pacar itu menjelaskan bahwa Proyek P5 Anyaman Nyiru di SMP Negeri 3 Pacar, tidak hanya menghadirkan kesempatan bagi siswa-siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Pancasila, tetapi juga untuk merajut hubungan yang kuat dalam komunitas sekolah.



Writer|| Stano|| Redaksi