Contoh Teks Pidato|| Menumbuhkan Budaya Literasi

Oleh: Maria G. Majul (Siswi Kelas 9 SMPN 3 Pacar)

Gambar oleh Kristin Baldeschwiler dari Pixabay

Menumbuhkan Budaya Literasi

Selamat siang untuk kita semua

Salam sejahtera

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Yth. Kepala Sekolah SMP N 3 Pacar

Yth. Wakil Kepala Sekolah SMP N 3 Pacar

Yth. Para Kaur SMP N 3 Pacar

Yth. Wali Kelas SMP N 3 Pacar

Yth. Para Guru, Pegawai, TU, SMP N 3 Pacar

dan Yth. teman-teman sekalian


       Pertama-tama, mariah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa karena atas rahmat bimbingan dan Parindungan-Nya sehingga kita dapat berkumpul di lembaga ini dalam keadaan sehat walafiat. 

       Pada kesempatan ini izinkan saja menyampaikan beberapa gagasan dan pendapat margenai "Pentingnya Menumbuhkan Budaya Literasi." Sebagaimana telah kita ketahui bersama "Menumbuhkan Budaya Literasi ,"menjadi sangat penting bagi generasi sekarang. Kalau saya lihat, banyak siswa/siswi yang sangat kurang memiliki niat untuk membaca. Padahal membaca merupakan hal yang sangat penting. 

      Adapun hal penting untuk dilakukan untuk "Menumbuhkan Budaya Literasi," adalah, pertama, mambiasakan membaca buku teks dan norteks selama 15 menit setiap hari. Dengan membaca 15 menit setiap hari dapat meningkatkan penguasaan kosa kata. Siswa juga semakin banyak menguasai perbendaharaan kata (https://id.joe. Kemdikbud. So. id, akses 16 Oktober 2023).

       Kedua, membuat pondok literasi. Dengan adanya pondk literasi siswa/siswi akan rajin untuk membaca (https://id. dome. Kemdikbud go.id, akses, 16 Oktober). 

     Mari kita tingkatkan literasi untuk masa depan. Jangan jadikan kegiatan literasi sebagai kewajiban.

      Demikian yang saya sampaikan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfast bagi kehidupan kita. Mohon maaf bila ada kata yang salah. Terima kasih perhatiannya. 


Selamat siang. Salam sejahtera. 

Wassalam'ualaikum Wr. Wb.



Editor|| Marianus Hamse, S.Pd, Gr
Redaksi|| Stano